Jumat, 30 Agustus 2013

Dosa merupakan sesuatu yang “menggangu” pikiran dan batin setiap manusia. Hal yang menyebabkan adalah karena pertanggung jawabannya tidak hanya di dunia ini melainkan juga diakhirat kelak.
Dosa adalah sesuatu yang akan dipertanggung jawabkan oleh pelakunya. Sekiranya pun para nabi melakukan perbuatan dosa maka ia akan menanggungnya sendiri. demikian pula jika umat melakukan dosa maka seorang utusan Tuhan tidak akan menanggung dosa umatnya.

Taurat, Injil dan juga Alquran. Tiga kitab ini mengajarkan bahwa setiap orang yang berdosa tidak akan dapat mewariskannya pada orang lain.
Taurat mengajarkan : “Janganlah ayah dihukum mati karena anaknya, janganlah juga anak dihukum mati karena ayahnya; setiap orang harus dihukum mati karena dosanya sendiri.” (Matius)
Injil Mengajarkan : “Sebab tiap-tiap orang akan memikul bebannya sendiri.” (Galatia)
Bahkan Yesus sendiri datang adalah untuk membalas setiap orang berdasarkan perbuatannya. :
“Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.” (Matius 16 : 27)
Dan Alquran mengajarkan : “…dan tidaklah seorang melakukan dosa melainkan kemudharatannya kembali kepada dirinya sendiri; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain…” (Al-Anam : 164).
Ada beberapa cara Tuhan mengampuni dosa hamba-Nya.
Pertama adalah Tuhan mengampuni karena kemurahan-Nya.
“Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.” (Yesaya)
Kedua, manusia diampuni dosanya karena berbakti pada Tuhan
“Demikianlah hendaknya mereka itu melakukan kebaktian kepadaku, suapaya dalamnya jangan mereka menanggung dosa dan mati sebab dihinakan akan dia. Bahwa Akulah Tuhan yang mensucikan mereka itu.”
Ketiga, Dengan Bertobat Tuhan akan mengampuni dosa hamba-Nya.
“Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan.” (kisah Rasul-Rasul)
Keempat, Tuhan akan mengampuni dosa kita apabila kita mengampuni dosa orang lain terhadap yang telah dilakukannya kepada diri kita.
“Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.” (Matius)
Semoga kita menjadi hamba-hamba-Nya yang selalu bertobat dan memaafkan kesalahan orang lain sehingga dengan Kasih-Nya Tuhan mengampuni segala dosa-dosa kita semua….Amin !!
Posted by Unknown On 10.04 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Kategori

Arsip

About

Twitter Timeline