Selasa, 19 Agustus 2014

Islam adalah agama yang indah terutama ditinjau dari segi sosial. Begitu mudahnya manusia memperoleh pahala bahkan dijanjian surga oleh Allah SWT dengan hanya melakukan kebaikan-kebaikan kecil yang dapat dengan mudah kita lakukan sehari-hari bahkan ketika kita berada dalam lingkungan kerja. Beberapa kebaikan ini bahkan sering sekali kita abaikan, padahal hal-hal tersebut sangat membantu orang lain. Alangkah indahnya bila kita mampu dan mau untuk melakukannya. Sebagai sebuah cerminan dari akhlak mulia. Pribadi dan karakter yang mengikuti sunah Nabi SAW, yang akan menjadi mutiara di tengah-tengah masyarakatnya.

1.    Menyingkirkan Batu/Dahan Pohon di Jalan
Menyingkirkan benda-benda yang mampu menghambat perjalanan/ membayakan orang ketika berkendara di jalan adalah hal yang sepeleh/ kecil namun sangat penting untuk keselamatan orang lain. Banyak anjuran-anjuran serta kisah para sahabat terkait hal ini salah satunya adalah; Seseorang melewati dahan pohon yang berada di atas jalanan, maka ia berkata, “Demi Allah! Sungguh aku akan menyingkirkan dahan ini dari jalan kaum muslimin agar tidak mengganggu mereka.” Orang ini pun dimasukkan ke dalam surga.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan agar kita melakukan seperti yang dilakukan oleh orang ini. Beliau bersabda, “Jauhkanlah sesuatu yang menganggu dari jalan kaum muslimin. (Albani dalam Silsilah Shahihah no. 237)

2.    Menatakan Sandal
Suatu bentuk aktivitas sekecil apapun jika didasari keikhlasan dan dilakukan dengan cara yang benar adalah ibadah. "Mulailah dari yang kecil, mulailah dari diri sendiri dan mulailah dari sekarang. Kebiasaan menatakan sandal/sepatu orang lain untuk mempermudah mereka menggunakan juga adalah perbuatan yang sangat baik. Hal ini bisa kita lakukan ketika di masjid, ataupun tempat umum lainnya.


3.    Membuang Sampah di Tempatnya
Membuang sampah pada tempatnya atau memasukkannya ke dalam saku untuk sementara waktu untuk dibuang ketempat semestinya adalah kegiatan positif dan dapat berdampak besar bagi sesama. Kebiasaan ini mampu menghindarkan kita dari berbagai bahaya seperti banjir, polusi udara, pencemaran lingkungan, dan berbagai penyakit akibat sampah yang menumpuk.
 
4.    Menghemat Energi
Mematikan komputer atau alat-alat elektronik jika sudah tidak dipakai, mematikan air apabila sudah cukup, mematikan lampu apabila sudah selesai digunakan, dan beberapa energi yang lain. Kebiasaan ini apabila terus kita lakukan selain untuk menghemat pengeluaran kebutuhan kita juga dapat menghemat energi untuk kelangsungan hidup generasi selanjutnya.

5.    Budaya Disiplin
Disiplin waktu, disiplin berpenampilan, disiplin berbicara, disiplin administrasi, dan disiplin-disiplin yang lainnya perlu kita terapkan dalam kebiasaan sehari-hari. Rasul sangat mencintai umatnya yang disiplin dan mampu menempatkan waktu dan menempatkan diri secara bijaksana. Budaya disiplin seringkali dianggap sepeleh bagi orang, padahal apabila seluruh umat islam mampu membiasakan diri dalam melakukan budaya disiplin maka ia akan berhasil dan siap menjadi khalifah yang bertangung jawab.

6.    Menjaga Lisan
Terkadang kita tidak sadar bahwa ucapan kita dapat mengganggu teman  yang yang sedang serius belajar. Kata bijak mengatakan : "Mulutmu harimau kamu". Dalam hal ini Nabi pun mengingatkan bahwa : "Selamatlah manusia jika dia mampu menjaga lisannya". Begitu urgennya lisan ini. Jangan sampai hati teman terluka karena lisan kita, omongan kita yang sengaja ataupun tidak sengaja. Mungkin juga dalam canda ria kita. Kepekaan, empati dan simpati dengan teman akan tumbuh dengan sendirinya jika kita latih. Karena dengan latihan itu akan membentuk good habit.

7.    Budaya Senyum
Senyum, salam, sapa, sopan dan santun (5S), semestinya menjadi perhatian utama dalam mewujudkan kenyamanan di lingkungan sosial. Saling menghormati, saling menghargai dan saling menyayangi. InsyaAllah hal ini akan berdampak kepada peningkatan produktifitas prestasi kita dimanapun kita berada.


Posted by Unknown On 15.07 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Kategori

Arsip

About

Twitter Timeline